Pengertian Routing dan Static Routing



Assalamualaikum sobat :)

saya adjie a.k.a Cyber_XR00t#
saya akan mulai dari sebuah kata sederhana :D 

" ROUTING


Hmmm sudah kuduga.. Apa itu routing ? berikut ini penjelasannya *versi ane ^_^

Routing , adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain melalui sebuah internet.

 Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan ,sehingga paket-paket data dapat disampaikan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
 Untuk melakukan hal ini kita akan membutuhkan sebuah alat khusus yang bekerja di layer 3 ,yaitu Router , yang bekerja pada layer 3 di model OSI .

Router adalah perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain ,ya bisa dibilang ke network yang berbeda / kelas IP address yang berbeda.

Router


sedangkan PC Router adalah Personal Computer (PC) yang digunakan sebagai router (routing) biasanya yang digunakan adalah PC – multihomed, yaitu komputer yang memiliki lebih dari 1 NIC (Network Interface Card).


PC Router


Jenis-Jenis routing :

jenis jenis routing ada banyak ,tetapi yang sering digunakan adalah 
-Static Routing
-Dynamic Routing
-dan Static default routing

 disini ane akan menjelaskan lengkap tentang static routing , static routing dulu yaa , dynamic belakangan :v

STATIC ROUTING

 

Contoh tabel static routing

Static routing adalah sebuah router yang tabel routing'nya di konfigurasi secara manual oleh administrator jaringan . Seorang administrator jaringan dengan pengetahuan tentang topologi jaringan ( Topologi telah diketahui sebelumnya ) , Secara manual membangun dan memperbarui tabel routing ,dan mengkonfigurasikan semua rute di tabel routing . gitu
 
 secara skalabilitas ,Static Routing tidak baik untuk skala besar ,karena keterbatasan topologi dan keterbatasan next hop'nya.  Jadi ,biasanya yang menggunakan static routing ini adalah perusahaan perusahaan kecil atau untuk organisasi" yang tidak terlalu besar ,karena jika static routing dipakai di jaringan skala besar ,maka tidak akan kompatible dan routing tidak akan berfungsi dengan sebagaimana mestinya . ga efisien gitu lah

  Jadi untuk jaringan skala kecil sebaiknya memilih static routing karena lebih efisien ,dan untuk jaringan skala besar maka diperlukan routing yang lebih canggih yaitu dynamic routing. contohnya : OSPF ,EIGRP , IS-IS dst.

Demikianlah pengertian tentang apa itu routing ,semoga bermanfaat bagi yang baru belajar jaringan atau yang sudah mastah :)

 Thanks for visiting ^_^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »